Kebutuhan Dasar (Fisiologis)

Posted: Juli 10, 2007 in Artikel Kiriman

M.ALI ZAIN S1/4/PAI
Didalam pembahasan mengenai tentang psikologi terdapat ilmu tentang kebutuhdasar.adapun kebutuhan tersebut meliputi ;
1.MOTIVASI
telah banyak penelitian yang berkaitan dengan karakteristik kepribadian.namun buktiyang berkaitan dengan sifat hubunga ini masih belum jelas para ahli psikologi yang percaya bahwa motifasi memberikan ragam dalam intensitas perilaku manusia,serta arah terhadap perilaku tersebut.karena tujuan pernelitian ini adalah untuk meneliti hubungan antara motifasi,sikap terhadap mengajar dan konsep diri bagi calon guru / pengajar.suatu kebutuhan hanya bias dipuaskan bila kebutuhan yang pada tingkatan yang lebih renda telah terpenuhi yang diatur dalam suatu hilarki yang disebut repotensi misalnya,seseorang tidak akan berhasil memenuhi kebutuhan aktualisasi diri (pengembangan diri) bila taraf pertama yang paling fundamental tidak terpenuhi.
*Sikap dan Motifasi
para ahli menyatakan tentang adanya dua variable sikap,yaitu: (a) sikap terhadap mengajar (young,1973,hal 194),dan (b) konsep diri (Le Benne dan Gresene,1965)keduanya disatukan erat dengan motifasi yang dapat memberikan arah terhadap perilaku individu.
2.KONSEP DIRI
Konsep diri memiliki energi yang berpengaruh terhadap perilaku pengajar,menghasilkan kegiatan pembelajaran yang penuh semangat,dan adanya rasa percaya bahwa pembelajaran tersebut bermanfaat.sejalan dengan Traver,purkey (1975) menyatakan bahwa alas an konsep diri dikaitkan dengan motifasi adalah bahwa motif dibelakang seluruh perilaku seorang guru dapat memelihara serta meningkatkan pemahaman dirinya sebagai manusia,dan sebagai seorang guru.sebagai contoh,seorang mahasiswa yang menilai dirinya efisien,cekatan,dan tangkas akan berperilaku sangat berbeda dengan mahasiswa yang merasa malas,bertanggung jawab dan merasa bodoh.perbedaan perilaku mahasiswa akan tergantung pada apakah melihat dirinya sebagai mahasiswa periang,sabar dan penuh semangat atau mahasiswa yang emosional,egois dan tak acuh.dengan demikian konsep diri mahasiswa akan sangat berperan penting dalam mempengaruhi perilakunya didalam kelas dan menentukan hasil belajar(snygg&cmbs,1965)
Para ahli meneliti pada suatu universitas dengan menggunakan(1)kuisioner yang berkaitan dengan motivasi kerja,digunakan untuk mengukur skala motivasi:rasa aman,rasa memiliki,dan aktualisasi diri mahasiswa(2)kuisioner yang berkaitan dengan
Sifat mengajar,digunakan untuk mengukur sikap calon guru terhadap tanggung jawab siswa,kerjasama siswa dan kemandirian siswa daalm belajar,dan (3)kuisioner yang berkaitan dengan konsep diri digunakan untuk mengukur:sikap social mahasiswa,perilaku social,kebiasaan,orientasi social,dan stabilitas emosional mahasiswa.
Karena ini menyangkut tentang aktualisasi diri mahasiswa sebagai seorang pengajar/pendidik yang profesional maka keduanya antara motivasi dengan konsep diri merupakan suatu satu kebutuhan yang dasar untuk keberhasilan dalam suatu pembentukan kepribadian seorang mahasiswa/calon pendidik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s