Dampak Psikologis Shalat Tahajjud

Posted: Juni 12, 2007 in Artikel Kiriman

Buka Google, ketik “penelitian sholeh tahajjud”, kemudian baca semua file yang ada, berikan komentar anda dalam perspektif psikologi pembelajaran di blog ini.

Mustolih Brs

Komentar
  1. suci herawaty mengatakan:

    Pada dasarnya saya setuju dengan keutamaan atau manfaat dari shalat tahajud. Tidak hanya berpengarih positif terhadap kesehatan jasmani namun juga terhadap rohani kita.
    Di satu sisi pahala bertambah, di sisi lain bisa memetik keuntungan jasmaniah yang Insya Allah, terhindar dari pelbagai penyakit .
    Namun pada saat yang sama, shalat tahajjud pun Bisa Mendatangkan Stres, terutama bila Tidak Dilaksanakan Secara Ikhlas dan Kontinyu.Dengan begitu, keikhlasan dalam menjalankan shalat tahajjud menjadi sangat penting.
    Niat yang tidak ikhlas, akan menimbulkan Kekecewaan, Persepsi Negatif, dan Rasa Tertekan. Perasaan negatif dan tertekan itu menjadikan seseorang rentan terhadap serangan stres. Kanker, adalah pertumbuhan sel yang tidak normal. shalat tahajjud yang dijalankan dengan tepat, kontinyu, khusuk, dan ikhlas dapat menimbulkan persepsi dan motivasi positif sehingga menumbuhkan coping mechanism yang efektif.

  2. hamid mengatakan:

    Shalat tahajud memang banyak manfaatnya, apalagi kalau dilakukan sedikitnya 40 hari berturut-turut, bagus banget tuh. Tapi jangan lupa shalat hajat dan witirnya ya sayang !. Terus Shubuhnya jangan malah sampe jadi kesiangan. Utamakan shalat berjamaah.
    Sori aku ga baca blognya dulu. aku cuma simpatik mba sucinya.

  3. wahid_nurhamid mengatakan:

    Shalat tahajud memang banyak manfaatnya, apalagi kalau dilakukan sedikitnya 40 hari berturut-turut, bagus banget tuh. Tapi jangan lupa shalat hajat dan witirnya ya sayang !. Terus Shubuhnya jangan malah sampe jadi kesiangan. Utamakan shalat berjamaah.
    Sori aku ga baca blognya dulu. aku cuma simpatik mba sucinya. pinter dan menarik

  4. sidik mengatakan:

    saya sarankan untuk melakukan penelitian ilmiah mengenai dampak psikologis dari shalat tahajud, bukan berdasarkan asumsi atau pandangan pribadi yang sifatnya bisa sangat subjektif. saat ini kita hanya bisa dibuai oleh penelitian M. Sholeh saja mengenai hal ini, padahal berbagai disiplin ilmu mampu menguak kelebihan shalat ini, seperti Psikologi maupun Sosiologi dan ilmu lainnya. saya pun sedang dalam proses penelitian mengenai shalat tahajud dalam pandangan eksistensialis.
    ingatlah Allah akan memberi petunjuk bagi umatnya yang mau berpikir!!! SAYA MENANTANG SIAPAPUN, PARA INTELEKTUAL ALLAH UNTUK MENGKAJI ILMU-NYA.
    Ass. Wr.Wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s